Headlines News :
Home » » NTT Butuh Tambahan Enam Kapal Penyeberangan

NTT Butuh Tambahan Enam Kapal Penyeberangan

Written By ansel-boto.blogspot.com on Wednesday, March 24, 2010 | 2:26 PM

Provinsi Nusa Tenggara Timur membutuhkan tambahan enam kapal penyeberangan guna melayani 24 lintasan di perairan itu. Kapal penyeberangan saat ini hanya 11, termasuk Kapal Motor Penyeberangan Ile Boleng yang baru diresmikan.

Gubernur NTT Frans Lebu Raya menjanjikan enam unit kapal tambahan akan dipenuhi secara bertahap. ”Tahun 2011 akan datang satu unit kapal,” kata Lebu Raya pada peresmian Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Ile Boleng rute Kupang-Lewoleba (Lembata) di Dermaga Bolok, Kupang, Selasa (23/3).

Pada kesempatan sama, Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono mengatakan, total penyeberangan nasional saat ini ada 101 lintasan, 75 lintasan di antaranya masuk jalur perintis.

Provinsi NTT memiliki 24 lintasan, terdiri dari empat lintasan komersial dan 20 lintasan perintis yang disubsidi pemerintah. Dana subsidi untuk NTT tahun 2010 mencapai Rp 9 miliar dari total subsidi nasional senilai Rp 95 miliar.

”Kapal Ile Boleng termasuk jalur perintis. Kapal penyeberangan baru diarahkan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, membuka isolasi wilayah sesuai tata ruang nasional,” kata Bambang. Kapal berbobot mati 650 GT dan kecepatan 12 knot per jam senilai Rp 31 miliar itu dikelola perusahaan daerah NTT, PT Flobamor.

Anggota DPR, Saleh Husin, yang ikut dalam rombongan Wakil Menteri Perhubungan, mengatakan, sejumlah lintasan di NTT tidak layak disebut penyeberangan karena penyeberangan butuh waktu paling lama 4 jam per trip. Adapun di NTT sampai 24 jam per trip.

Husin menilai kapal yang melayani 24 lintasan di NTT tidak layak melayani kondisi perairan dengan tinggi gelombang 4 meter pada bulan Desember-Februari karena hanya berbobot mati 500 GT-650 GT. Idealnya kapal berbobot mati di atas 1.000 GT. Namun, kapal seperti itu perlu perawatan, bahan bakar, dan jumlah anak buah kapal banyak sehingga memberatkan pemerintah dalam menyubsidi.
Sumber: Kompas, 24 Maret 2010
Ket foto: Gubernur NTT Frans Lebu Raya
SEBARKAN ARTIKEL INI :

0 komentar:

Silahkan berkomentar

Tuliskan apa pendapatmu...!

 
Didukung : Creating Website | MFILES
Copyright © 2015. Ansel Deri - All Rights Reserved
Thanks to KORAN MIGRAN
Proudly powered by Blogger