Headlines News :
Home » » Gedung Catholic Centre Diresmikan

Gedung Catholic Centre Diresmikan

Written By ansel-boto.blogspot.com on Monday, September 20, 2010 | 12:38 PM

Umat Katolik di Kaltim boleh berbangga, karena tak lama lagi memiliki Chatolic Center sebagai pusat kegiatan kesekretariatan gereja Katolik. Catholic Center yang dibangun sejak 2006 lalu dan menghabiskan dana sekitar Rp 12,5 miliar ini berdiri megah di areal Keuskupan Agung Samarinda Jalan DI Panjaitan.

Terasa lebih istimewa karena akan langsung diberkati oleh Duta Besar Vatikan MGR Leopoldo Girelli dalam misa ekaristi, dirangkai dengan peresmian oleh Gubernur Awang Faroek Ishak, Senin (20/9/2010).

Firminus Kunum, Ketua Catholic Center menuturkan, Chatolic Center terdiri atas tiga lantai. Lantai satu difungsikan sebagai sekretariat Catholic Center, sekretariat keuskupan, ruang rekreasi, ruang makan dan ruang tamu. Sedangkan lantai dua merupakan ruang para imam dan para uskup.

Di lantai tiga diperuntukkan sebagai kapel dan perpustakaan. Uniknya lagi, Catholic Center ini bercirikan kebudayaan Kaltim, terlihat dari ukiran motif Dayak Bahau di atap dan pilar bagian depan.

"Di areal seluas 5 hektare ini juga telah berdiri aula sebagai tempat rapat, wisma dan beberapa bangunan lainnya. Kami berencana juga akan membangun Goa Maria, sebagai lokasi wisata rohani," kata Firminus, Jumat (17/9/2010).

Selain meresmikan Catholic Center, kedatangan Dubes Vatikan dirangkai pula dengan peresmian gereja di Bontang, Sabtu (18/9/2010). Dilanjutkan dengan penahbisan pastor/imam baru di Sangatta, Minggu (19/9).

Di hari yang sama, Dubes juga akan meresmikan kapel di Kampung Jawa Jalan Pasundan, Samarinda. Selanjutnya peresmian Catholik Center, Senin (20/9). "Selain itu, Dubes juga akan meresmikan kapel di Sungai Lais, pada Senin sore," kata Firminus.

Diperkirakan sekitar 600 undangan akan hadir dalam peresmian Catholic Center, mulai dari muspida, anggota DPRD, tokoh masyarakat dan umat Katolik. Para pastor paroki se-Kaltim juga akan menghadiri kegiatan ini, serta perwakilan keuskupan dari Kalbar, Kalsel, Kalteng serta Keuskupan Yogyakarta.

"Untuk persiapan sudah mencapai 90 persen. Kami juga sudah bertemu dengan Gubernur, Pangdam, Kapolda dan Danrem terkait persiapan acara," ujarnya.
Sumber: mirifica.net, 20 September 2010
Ket foto: Ketua Catholic Center Kalimantan Timur Firminus Kunum
SEBARKAN ARTIKEL INI :

0 komentar:

Silahkan berkomentar

Tuliskan apa pendapatmu...!

 
Didukung : Creating Website | MFILES
Copyright © 2015. Ansel Deri - All Rights Reserved
Thanks to KORAN MIGRAN
Proudly powered by Blogger