Headlines News :
Home » » Begini Isi Karangan Pertama Berbahasa Indonesia Buatan Obama Kecil

Begini Isi Karangan Pertama Berbahasa Indonesia Buatan Obama Kecil

Written By ansel-boto.blogspot.com on Saturday, July 01, 2017 | 9:10 AM

MANTAN Presiden Amerika Serikat Barack Obama pertama kali mengerjakan tugas mengarang saat duduk di bangku kelas tiga di SD Santo Fransiskus Asisi, Tebet, Jakarta Selatan, puluhan tahun silam.

Tulisan karangan Barry, sapaan Obama semasa kecil, merupakan karya pertamanya yang dibuat dalam Bahasa Indonesia.

Sebelumnya Obama mengalami kesulitan karena dia hanya menguasai Bahasa Inggris dan baru mengenal Bahasa Indonesia saat duduk di kelas satu SD.

"Dia mengarang dalam Bahasa Indonesia. Saat itu, murid saya tugaskan bikin karangan dari pengalaman pribadinya, cerita pengalaman sehari-hari," kata guru SD Santo Fransiskus Asisi, Katarina Fermina Sinaga (68) saat ditemui Kompas.com di kediamannya, Menteng Dalam, Tebet, Jumat (30/6/2017) petang.

Fermina menceritakan, setiap karangan dibacakan para murid di depan kelas. Ketika tiba giliran Obama, Fermina ingat bagaimana dia secara sederhana menceritakan kesehariannya.

"Barry baca begini, 'Saya Barry Obama. Saya tinggal di Menteng Dalam, RT sekian RW sekian. Mama saya antar saya tiap pagi. Kalau pulang, saya sendiri. Guru saya namanya Bu Fer. Saya suka Indonesia. Indonesia indah, bagus. Selesai,' begitu. Kayak film, dia ada bilang selesai, lucu kan," tutur Fermina menirukan karangan Obama.

Bahasa Indonesia memang sempat jadi kendala Obama selama belajar di sekolah dasar. Namun, guru-guru Obama bekerja sama mengajarinya berbahasa Indonesia.

Obama kecil disebut mulai fasih berbahasa Indonesia ketika menginjak kelas tiga SD.

Obama menghabiskan masa kecilnya dengan bersekolah di dua sekolah dasar di Jakarta, yaitu di SD Santo Fransiskus Asisi (Tebet) hingga kelas tiga dan dilanjutkan di SDN Menteng 01 (Menteng).

Di SDN Menteng 01, kini berdiri patung untuk mengenang Obama kecil, anak Menteng yang pernah bersekolah di sana dan menjadi Presiden Amerika Serikat selama dua periode.
Sumber: Kompas.com, 30 Juni 2017
Ket foto: Mantan Presiden Barack Obama
SEBARKAN ARTIKEL INI :

0 komentar:

Silahkan berkomentar

Tuliskan apa pendapatmu...!

 
Didukung : Creating Website | MFILES
Copyright © 2015. Ansel Deri - All Rights Reserved
Thanks to KORAN MIGRAN
Proudly powered by Blogger