Headlines News :
Home » » Ratusan Ribu Kelapa di NTT Terserang Hama

Ratusan Ribu Kelapa di NTT Terserang Hama

Written By ansel-boto.blogspot.com on Thursday, January 31, 2008 | 12:56 PM

Ratusan ribu pohon kelapa milik warga Kabupaten Kupang, Lembata dan Alor mati mendadak setelah terserang hama aspidiotus sp beberapa bulan terakhir.

Serangan ini terjadi hanya dalam tempo beberapa hari, menyebabkan daun kelapa mengering dan batangnya mati mendadak.

Sedangkan kelapa yang bertahan hidup mengalami penurunan produksi sampai seratus persen.
Di Kecamatan Amarasi Barat, Amarasi Timur, Amarasi Selatan, Kabupaten Kupang, ratusan ribu pohon kelapa yang semula tumbuh subur, mengering dan tidak berbuah.

"Kami tidak tahu mengapa sampai serangan hama ini begitu dasyat karena sebelumnya tidak pernah terjadi serangan hama secara sporadis seperti ini," kata Gustaf Amtiran, warga Desa Niukbaun, Kecamatan Amarasi Barat, Kamis (31/1).

Menurutnya, pemerintah melalui dinas teknis sudah berupaya melakukan pengobatan, tetapi nampaknya belum berhasil karena kelapa-kelapa yang semula masih tumbuh subur, justru ikut mati.

"Daun tiba-tiba kering dan batang pohon kelapa akan mati beberapa waktu kemudian," katanya.
Di Lembata, sekitar 33 ribu pohon kelapa di Kecamatan Atadei dan Kecamatan Wulandoni terancam mati apabila pemerintah tidak mengambil langkah darurat untuk mencegah penyebaran hama.

"Dari 33.000 pohon kelapa yang terserang, yang sudah mati 4.000 pohon. Selebihnya dalam kondisi kritis," kata Kepala Dinas Perkebunan Lembata Simon Making.

Simon mengatakan pihaknya telah melakukan tindakan pengendalian dengan memangkas daun yang terserang, kemudian dibakar. Tetapi langkah tersebut tidak mampu melokalisir hama tersebut.

"Saat ini Pemkab Lembata bekerja sama dengan Pusat Studi Pendendalian Hama Universitas Gadjah Mada untuk membantu melakukan pengendalian secara terpadu," ujarnya.

Sementara di Kabupaten Alor, serangan hama kelapa terjadi di Kecamatan Alor Barat Laut, Alor Barat Daya dan sebagian Kota Kalabahi. (Jems de Fortuna )
Sumber: Tempo Interaktif, 31 Januari 2008
Ket foto: Ratusan hektare (ha) tanaman kelapa di Kecamatan Pemangkat, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat (Kalbar), rusak akibat serangan hama pengerat daun atau artona catoxantha. Foto: dok. Media Indonesia, 6 April 2010
SEBARKAN ARTIKEL INI :

0 komentar:

Silahkan berkomentar

Tuliskan apa pendapatmu...!

 
Didukung : Creating Website | MFILES
Copyright © 2015. Ansel Deri - All Rights Reserved
Thanks to KORAN MIGRAN
Proudly powered by Blogger