Headlines News :
Home » » Lima Tentara Petisioner Serahkan Diri

Lima Tentara Petisioner Serahkan Diri

Written By ansel-boto.blogspot.com on Monday, February 25, 2008 | 2:56 PM

Lima tentara petisioner menyerahkan diri pada pasukan gabungan tentara dan polisi Timor Leste di Dare, sekitar 25 kilometer dari Dili, hari ini. Komandan Komando Satgas Operasional, Letnan Kolonel Filomeno Paxao kepada wartawan menjelaskan kini lima orang itu bergabung dengan tentara petisioner lainnya ditempat yang ditunjuk pemerintah.

Dengan penyerahan diri mereka, kini sekitar 283 tentara petisioner dari total 591 tentara dibawah pimpinan Gastao Salsinha, sedang menanti proses penyelesaian masalah mereka. Para tentara petisioner yang menyerahkan diri itu tidak terlibat dalam penyerbuan ke kediaman Presiden Jose Ramos Horta dan Perdana Menteri Xanana Gusmao.

Sebelumnya beredar kabar terjadi kontak senjata antara kelompok pemberontak pimpinan Salsinha dengan pasukan operasional yang melakukan pengejaran terhadap mereka. Kabar itu menyebutkan empat anggota polisi Timor Leste dan empat tentara tewas dalam baku tembak Sabtu malam lalu. Namun, Filomeno membantah kabar tersebut.

"Operasi ini bukan untuk membunuh, tetapi meminta kelompok pemberontak menyerahkan diri," katanya. Dia juga membantah kabar yang menyebutkan bahwa operasi pengejaran dilakukan oleh pasukan Timor Leste asal Lorosae (Timur) untuk membunuh pemberontak asal Loromanu (Barat). Konflik antar suku ini pernah terjadi pada 2006.

"Kami bukan pasukan Lorosae, tetapi milik bangsa dan rakyat," ujar Filomeno. Operasi pengejaran menurut Filomeno terus berjalan dari sektor Timur menuju Barat. Tidak ada batas waktu dalam operasi pengejaran terhadap Salsinha dan kawan-kawan. Operasi baru dihentikan jika kelompok pemberontak sudah ditangkap atau menyerahkan diri. (JOSE SARITO AMARAL, DILI)

Sumber: TEMPO Interaktif, 15 Februari 2008
SEBARKAN ARTIKEL INI :

0 komentar:

Silahkan berkomentar

Tuliskan apa pendapatmu...!

 
Didukung : Creating Website | MFILES
Copyright © 2015. Ansel Deri - All Rights Reserved
Thanks to KORAN MIGRAN
Proudly powered by Blogger