Headlines News :
Home » » Menteri Meutia: Perempuan Harus Menyiapkan Diri

Menteri Meutia: Perempuan Harus Menyiapkan Diri

Written By ansel-boto.blogspot.com on Thursday, July 31, 2008 | 10:02 AM

Saya berkesempatan mewawancarai Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan Prof Dr Meutia Hatta–Swasono di Gedung DPR/MPR Senayan, Jakarta beberapa waktu lalu. Wawancara terkait kuota 30 % keterwakilan perempuan di legislatif sebagaimana diamanatkan UU No. 2 Tahun 2008 tentang Partai Politik. Apa tanggapan Bu Menteri?

Saat mewawancarai menteri yang juga antropolog ini, ia menekankan agar perempuan harus terus-menerus menyiapkan diri. Termasuk meningkatkan kualitas, kapasitas, dan kompetisinya sehingga dapat bersaing secara sehat dengan politisi laki-laki yang selama ini mendominasi arena politik di Indonesia.

“Perempuan perlu meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang hal-hal yang berkaitan dengan politik. Misalnya, strategi dan tata krama dalam berpolitik. Mereka perlu memahami mesin politik dan seni membangun opini bahkan ketrampilan berkomuniasi,” kata menteri Meutia kepada penulis.

Di dalam berbicara, jelas istri pakar ekonomi Universitas Indonesia Prof Dr Sri Edi Swasono, dituntut bagaimana perempuan menggunakan kata-kata politik. Nah, kunci keberhasilannya tergantung pada komitmen bersama laki-laki maupun perempuan dan dibutuhkan keiklasan laki-laki. Keiklasan itu tidak boleh ditunggu perempuan tetapi harus dipaksakan karena menjadi amanah Undang-undang. “Keiklasan itu harus “dirampas” dari laki-laki,” tandas Meutia.

“Saya kira jumlah anggota legislatif perempuan nantinya bisa sangat banyak jika UU itu dilaksanakan dengan baik. Memang UU itu bertujuan mengatasi berbagai permasalahan perempuan, termasuk kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) maupun kekerasan di luar rumah tangga,” katanya melanjutkan.

Bu menteri menegaskan, perempuan potensial di Indonesia sangat banyak dan berkiprah di mana-mana. Mereka juga terkenal di masyarakat karena aktivitas sosial, kemasyarakatan, hokum, dan hak-hak azasi manusia (HAM). Gelar dan prestasi akademiknya juga tidak diragukan. Banyak yang direkrut jadi pengurus partai dan banyak pula yang menjadi pegawai negeri sipil (PNS). (Ansel Deri)
SEBARKAN ARTIKEL INI :

1 comment:

  1. artikel anda :

    http://politik.infogue.com/
    http://politik.infogue.com/menteri_meutia_perempuan_harus_menyiapkan_diri

    promosikan artikel anda di www.infogue.com dan jadikan artikel anda yang terbaik dan terpopuler menurut pembaca.salam blogger!!!

    ReplyDelete

 
Didukung : Creating Website | MFILES
Copyright © 2015. Ansel Deri - All Rights Reserved
Thanks to KORAN MIGRAN
Proudly powered by Blogger