Headlines News :
Home » » Ketua KPU Husni Kamil Manik Meninggal

Ketua KPU Husni Kamil Manik Meninggal

Written By Ansel Deri on Thursday, July 07, 2016 | 10:27 PM



KETUA Komisi Pemilihan Umum Husni Kamil Manik, Kamis, 7 Juli 2016 sekitar pukul 21.07 WIB meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Pertamina, Jakarta Selatan. Husni meninggal karena sakit. Namun, belum diketahui apa sakit yang diderita Husni.

"Ketua KPU meninggal, sekarang masih di RSPP," kata Komisioner KPU Ferry Kurnia saat dihubungi detikcom melalui telepon genggam, Kamis malam. Namun dikabarkan, Husni sudah dibawa ke RSPP sejak Kamis siang.

Menurut rencana, jenaahnya akan dibawa rumah duka di Jalan Siaga Raya No 23 A, Pejaten Barat, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Husni menjabat Ketua Komisi Pemilihan Umum sejak 12 April 2012.

Husni lahir di Medan, Sumatera Utara,18 Juli 1975. Sejak mahasiswa tahun1999, ia sudah aktif dalam dunia kepemiluan. Saat itu, dia menjadi pemantau pelaksanaan Pemilu 1999 dari Forum Rektor Seluruh Indonesia yang diikutsertakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam pemantauan Pemilu.

Husni percaya Pemilu saat itu adalah masa transisi Indonesia setelah tumbangnya Orde baru. Menurut dia, ketika itu merupakan era kebangkitan masyarakat sipil menuju sistem demokrasi lebih baik.

Dari pengalamannya sebagai pemantau Pemilu, tugas-tugas kepemiluan lekat dengan dirinya. Apalagi sejak lulus kuliah, dia makin mendekatkan diri dengan lembaga penyelenggara Pemilu. Pada pemilihan anggota KPU Sumatera Barat dia terpilih sebagai anggota dalam dua periode berturut-turut (2003-2008 dan 2008-2013).

Husni merasakan beberapa kekurangan KPU dalam menjalankan tugasnya sebagai penyelenggara Pemilu. “Hal yang perlu terus dibenahi adalah DPT (Daftar Pemilih Tetap), baik itu sistem pemutakhirannya, proses verifikasi, hingga penetapan. Tentunya semua proses tersebut harus melaui mekanisme jelas dan transparan,” katanya saat dihubungi merdeka.com, Senin (19/03).

Selain aktif di KPU Sumbar, bapak tiga anak ini juga pernah menjabat anggota Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Indonesia periode 2003. Dia masih aktif sebagai Sekretaris Pengurus Wilayah Nahdhatul Ulama Sumatera Barat periode 2010-2015. Dia juga sedang mengikuti studi S-2 bidang Studi Pembangunan Wilayah dan Pedesaan, Universitas Andalas, Padang.

Menjelang uji kelayakan kepatutan dan kelayakan oleh Komisi II DPR hari ini, Husni mengaku mempersiapkan diri untuk menyampaikan visi dan misi di hadapan anggota dewan. Dia sepenuhnya percaya siapa pun terpilih adalah pilihan obyektif dari disamping bentuk keputusan politik.

Bila terpilih menjadi anggota KPU, Husni akan mengajukan usulan tentang teknologi pengelolaan DPT, terutama dalam memverifikasi data valid dan sederhana dalam pengelolaannya.

“Pada Pemilu 2004 ada usulan agar IT (Teknologi Informasi) yang digunakan KPU lebih baik dari sebelumnya, namun terkendala dana. Sedangkan pada pada Pemilu 2009 banyak bantuan dari luar dan itu tidak bagus untuk independensi KPU. Untuk Pemilu ke depan dana dari APBN harus menganggarkan itu,” ujarnya.

Inilah sekilas riwayat Alm. Husni Kamil Manik

Pendidikan:

. SDN 04 Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara
. MTsN Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara
. MAN I Medan, Sumatera Utara
. Faperta Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat
. PPS Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat

Karir:

. Mantan Sekjen Senat Mahasiswa Universitas Andalas 1998
. Pengurus PB HMI 2003
. Anggota KPU Provinsi Sumatera Barat masa bakti 2003-2008 dan , 2008-2013
. Sekretaris PWNU Sumatra Barat 2010-2015
. Sekretaris Pimpinan Wilayah Nahdhatul Ulama Sumatera Barat periode 2010-2015
. Ketua Komisi Pemilihan Umum sejak 12 April 2012

Ket foto: Ketua KPU Husni Kamil Manik
SEBARKAN ARTIKEL INI :

0 komentar:

Silahkan berkomentar

Tuliskan apa pendapatmu...!

 
Didukung : Creating Website | MFILES
Copyright © 2015. Ansel Deri - All Rights Reserved
Thanks to KORAN MIGRAN
Proudly powered by Blogger