Headlines News :
Home » » Tentukan Awal Ramadhan 2017, NU Pantau 90 Titik Hilal

Tentukan Awal Ramadhan 2017, NU Pantau 90 Titik Hilal

Written By Ansel Deri on Thursday, May 25, 2017 | 10:35 PM

NAHDHATUL Ulama (NU) akan memantau 90 titik hilal di seluruh Indonesia untuk memastikan kapan awal puasa Ramadhan 1438 Hijriyah jatuh.

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdhatul Ulama, KH Said Aqil Siroj, mengatakan bahwa pemantauan hilal di 90 titik tempat hilal tersebut baru akan dilakukan esok hari, Jumat (26/5/2017).

"Jumat kita akan pantau hilal, di 90 titik di Indonesia. Sumenep, Bawean, Situbondo dan daerah lainnya," kata Said di Kantor PBNU, Salemba, Jakarta Pusat, Kamis (25/5/2017).

Muhammadiyah telah menentukan awal bulan puasa tahun ini, jatuh pada hari Sabtu (27/5/2017). Said mengatakan, pihaknya belum bisa menentukan apakah NU akan juga memulai puasa Ramadhan kali ini di tanggal yang sama, sebelum rukyat hilal dilakukan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, hilal adalah bulan sabit; bulan yang terbit pada tanggal satu bulan Kamariah. Sedangkan rukyat adalah perihal melihat bulan tanggal satu untuk menentukan hari permulaan dan penghabisan puasa Ramadan; penglihatan; pengamatan.

"NU tak bisa menentukan kecuali sudah melakuan rukyat untuk melihat hilal. Itu bukan berati NU enggak bisa hitung (hisab). Selain Ramadhan dan idul Fitri kita kan pakai hitung," kata dia.

Said pun menambahkan, ia tak masalah jika nantinya hasil rukyat hilal akan membuat awal bulan puasa antara NU dengan Muhammadiyah berbeda di tahun ini.

"Ya enggak apa-apa, namanya saja beda, NU dengan Muhammadiyah. Tapi kan sama-sama Islam. Tapi kalau NU menentukan awal Ramadhan dan Idul Fitri ya harus rukyat, dengan mata melihat hilal," tutupnya.

Kementerian Agama baru akan menggelar sidang isbat untuk menetapkan awal puasa atau 1 Ramadhan 1438H pada Jumat (26/5/2017). Sidang isbat tersebut untuk menentukan awal Ramadhan. Kementerian Agama juga akan melakukan pemantauan hilal di 77 titik di seluruh nusantara.

Rukyatul Hilal di Pantai Desa Ambat Kecamatan Tlanakan yang digelar Kemenag Pamekasan bersama dengan Ormas Islam termasuk pengurus Tarekat Naqsabandiyah Gersempal Sampang. 
Sumber: Kompas.com, 25 Mei 2017 
Ket foto: Rukyatul Hilal di Pantai Desa Ambat Kecamatan Tlanakan yang digelar Kemenag Pamekasan bersama dengan Ormas Islam termasuk pengurus Tarekat Naqsabandiyah Gersempal Sampang.
SEBARKAN ARTIKEL INI :

0 komentar:

Silahkan berkomentar

Tuliskan apa pendapatmu...!

 
Didukung : Creating Website | MFILES
Copyright © 2015. Ansel Deri - All Rights Reserved
Thanks to KORAN MIGRAN
Proudly powered by Blogger