Headlines News :
Home » » Pesan Jokowi Saat Resmikan Museum Islam Indonesia di Tebuireng

Pesan Jokowi Saat Resmikan Museum Islam Indonesia di Tebuireng

Written By ansel-boto.blogspot.com on Tuesday, December 18, 2018 | 7:12 PM

PRESIDEN Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Museum Islam Indonesia Hasyim Asy'ari di Tebuireng, Jombang, Jawa Timur pada Selasa, 18 Desember 2018. Lokasi museum berada dekat dengan Pondok Pesantren Tebuireng.

Jokowi mengatakan melalui museum itu, masyarakat harus mencintai dan menjaga Indonesia. "Menjaga kemerdekaan yang diperjuangkan para ulama dan santri, pejuang, pahlawan kita," kata Jokowi dalam sambutannya.

Ia mengatakan cucu Hasyim Asy'ari, Salahuddin Wahid atau Gus Sholah, serta keluarga besar Tebuireng selalu mengingatkan bahwa Islam masuk ke Nusantara dengan proses yang sangat damai. Islam, kata Jokowi, berkembang dengan dialog medium lokal seperti syair, wayang, gurindam dan kasidah.

"Kita juga diingatkan bahwa kejayaan kerajaan Islam dari Aceh sampai Maluku mengantar kita pada kemajuan bangsa di masa kini. Kita juga diingatkan pesantren-pesantren sejak lama turut aktif mencerdaskan manusia-manusia Indonesia," kata Jokowi.

Jokowi juga mengingatkan bahwa Indonesia saat ini dengan bentuk NKRI berlandaskan ideologi Pancasila. Sejatinya turut dibentuk para ulama, santri, dan umat islam bersama elemen bangsa lain. Karena itu, Jokowi pun menegaskan bahwa persatuan, persaudaraan, dan kerukunan menjadi aset terbesar bangsa.
 
Pembangunan museum berasal dari anggaran pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kemendikbud. Biaya pembangunannya sekitar Rp 30 miliar. Museum ini dibangun sebagai penghormatan kepada para ulama yang berjasa dalam berjuang bagi kemerdekaan RI.

Komitmen dan rencana pendirian museum tersebut sebenarnya sudah ada sejak masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Di dalam museum terdapat benda bersejarah tentang Islam di Nusantara, seperti buku-buku dan kitab karya para ulama. Museum ini diharapkan menjadi bahan rujukan dan referensi tentang Islam di Indonesia. 
Sumber: Tempo.co, 18 Desember 2018 
Ket foto: Presiden Joko Widodo alias Jokowi meresmikan Museum Islam Indonesia KH Hasyim Asy'ari di Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, 18 Desember 2018.


SEBARKAN ARTIKEL INI :

0 komentar:

Silahkan berkomentar

Tuliskan apa pendapatmu...!

 
Didukung : Creating Website | MFILES
Copyright © 2015. Ansel Deri - All Rights Reserved
Thanks to KORAN MIGRAN
Proudly powered by Blogger