Headlines News :
Home » » Bangun Dermaga, Ende Ajukan Proposal Rp 56 Miliar ke Belanda

Bangun Dermaga, Ende Ajukan Proposal Rp 56 Miliar ke Belanda

Written By ansel-boto.blogspot.com on Monday, February 01, 2010 | 1:00 PM


Pemerintah Kabupaten Ende, di Flores, Nusa Tenggara Timur berupaya membangun dua dermaga baru dengan meminta bantuan dana dari negara Belanda.

Hal itu dilakukan karena kondisi 2 dermaga yang ada, yakni dermaga Ende dan Ippi sudah lebih dari 25 tahun, dan banyak mengalami kerus akan. Kini dermaga tersebut juga kurang optimal untuk menunjang kegiatan ekonomi, khususnya bongkar muat barang.

"Bapak wakil bupati yang menyerahkan langsung proposal kepada konsultan yang akan mengurusnya di Jakarta. Yang kami minta dana hibah," kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ende, Abdullah Ali, Minggu (31/1/2010), di Ende.

Proposal yang diajukan untuk pembangunan dermaga baru itu sekitar Rp 56 miliar, dengan rincian untuk dermaga Ippi sebesar Rp 25 miliar, sedangkan dermaga Ende Rp 31 miliar .

Permasalahan saat ini guna mencegah kerusakan dermaga bertambah parah, bahkan mengantisipasi jangan sampai rubuh, pengelola pelabuhan setempat telah memperingatkan risiko kerusakan dermaga itu pada para operator kapal penumpang dan kendaraan tipe roll on roll off (roro) agar tidak singgah di 2 pelabuhan Ende.

Pasalnya, kapal roro banyak mengangkut truk ekspedisi dengan muatan 25 ton ke atas, sementara kekuatan di 2 dermaga itu maksimal hanya mampu menahan beban maksimal 12 ton.

Hal itu mengakibatkan operator kapal roro untuk rute Ende-Surabaya kemudian mengalihkannya ke Maumere-Surabaya. Dampaknya adalah ekonomi biaya tinggi di Ende.

Sumber: KOMPAS.COM, 31 Januari 2010
Ket foto: Pemerintah Kabupaten Ende, di Flores, Nusa Tenggara Timur berupaya membangun dua dermaga baru dengan meminta bantuan dana dari negara Belanda. Foto: dok. google.co.id
SEBARKAN ARTIKEL INI :

0 komentar:

Silahkan berkomentar

Tuliskan apa pendapatmu...!

 
Didukung : Creating Website | MFILES
Copyright © 2015. Ansel Deri - All Rights Reserved
Thanks to KORAN MIGRAN
Proudly powered by Blogger