Headlines News :
Home » » Weslindo Menangi Tender Panas Bumi Atadei

Weslindo Menangi Tender Panas Bumi Atadei

Written By ansel-boto.blogspot.com on Friday, June 18, 2010 | 11:15 AM

PT Weslindo Utama Karya terpilih sebagai pemenang tender proyek pengeboran panas bumi di Desa Watuwawer, Kecamatan Atadei, Kabupaten Lembata. Pengumuman pemenang itu di Jakarta, Rabu (9/6/2010).

Penandatanganan penetapan pemenang tender proyek pengeboran panas bumi itu, dihadiri Bupati Lembata, Drs. Andreas Duli Manuk, Ketua DPRD Lembata, Yohanes de Rosari, S.E, Sekda Lembata, Drs. Petrus Toda Atawolo, M.Si dan Ketua Fraksi Nurani Peduli Keadilan, Fredrikus Wilhelmus Wahon.

Hal itu diungkapkan Wahon kepada FloresStar di Gedung DPRD Lembata Senin, (14/6/2010) siang. Dia mengatakan, dalam tender itu, perusahaan tersebut mengalahkan rivalnya, PT Merukh Atadei Enterprices.

Pasca pengumuman itu, PT. Weslindo Utama Karya diberi kesempatan selama sebulan melengkapi persyaratan admistrasi dan memberikan jaminan uang 10 juta dolar AS di bank, sebelum memulai pekerjaan dua sumur bor panas bumi di Watuwawer itu.

PT. Weslindo Utama Karya juga belum bisa melakukan eksplorasi di lokasi pengeboran panas bumi. Karena selain harus menginvestasikan uangnya 10 juta dolar, DPRD melalui Komisi II bersama pemerintah juga masih melakukan studi banding ke lokasi pengeboran panas bumi yang sedang dilaksanakan di Kalimantan.

"Sebelum memulai pekerjaan, komisi II dan pemerintah daerah akan melakukan studi banding ke daerah pengeboran panas bumi yang dikerjakan PT Weslindo Utama Karya di Kalimantan. Studi banding itu melibatkan tokoh masyarakat, tokoh adat, pemilik tanah dan pers," ujarnya.

Jika dalam kurun waktu 6 bulan setelah penandatanganan kontrak itu, PT Weslinda Utama Karya tidak segera melakukan explorasi, maka pemerintah kabupaten akan melakukan sita jaminan senilai 5 persen dari 10 juta dolar," jelas Wahon.

Dia juga mengatakan, hasil dari panas bumi Atadei yang akan dilakukan pengeboran oleh PT. Weslindo Utama Karya itu, akan dikelola PLN dengan sistem bagi hasil dengan kementrian PSDM.

Namun untuk itu, pihaknya mengharapkan pelaksanaan proyek ini, semua pihak yang terlibat di dalamnya memperhatikan aspek lingkungan alam di sekitar lokasi pengeboran.
Tarif Lebih Murah

Kepala PLN Ranting Lewoleba, Abdul Wahab Ibrahim, mengatakan energi panas bumi di Desa Watuwawer, merupakan aset Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lembata. Aset itu sangat potensial untuk dimanfaatkan demi kepentingan masyarakat.

Ibrahim menjelaskan energi panas bumi di Atadei, bisa menjadi sumber energi listrik untuk disuplai ke selurh masyarakat Lembata. Mengingat besarnya sumber energi itu, maka biaya listrik untuk masyarakat setempat menjadi lebih murah.

"Di Atadei 'kan ada energi panas bumi yang akan dimanfaatkan sebagai energi alternatif untuk kebutuhan listrik masyarakat. Kalau energi itu digunakan PLN, maka bisa saja harga listrik di Lembata lebih murah," ujarnya.

Karena itu, Pemkab Lembata harus serius memaksimalkan energi panas bumi itu. Apalagi pemenang tender proyek pengeboran itu sudah ada.

"Syukurlah kalau sudah ada pemenang tender untuk proyek pengeboran panas bumi di Atadei itu. Ini akan sangat menguntungkan masyarakat dan pemerintah," jelas Ibrahim.

Saat itu Ibrahim mengharapkan agar pemerintah memberi perhatian dalam rangka pembangunan rumah mesin di Batas Kota. Rumah mesin itu sebagai tempat pemindahan mesin PLTD yang digunakan selama ini.

Menurut dia, keberadaan PLTD yang berdampingan dengan Kantor PLN Lewoleba, dan berada di dalam kota, selain mengganggu aktivitas kantor PLN juga masyarakat yang bermukim di sekitar kantor PLN tersebut.

"Kami sangat mengharapkan agar pemerintah serius membangun rumah mesin PLTD di Batas Kota. Sebab letak PLTD di pusat kota sangat mengganggu kenyamanan masyarakat baik siang maupun malam hari," ujar Ibrahim.
Sumber: Pos Kupang, 16 Juni 2010
Ket foto: Tim dari Direktorat Jenderal Panas Bumi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral RI meninjau lokasi panas bumi di Desa Wauwawer, Kecamatan Atadei, Lembata, NTT pada Rabu,10 Februari 2009. Tim didampingi Asisten Perekonomian Setda Lembata, Drs. Bernadus Hipir.
Sumber: spiritentete.blogspot.com
SEBARKAN ARTIKEL INI :

0 komentar:

Silahkan berkomentar

Tuliskan apa pendapatmu...!

 
Didukung : Creating Website | MFILES
Copyright © 2015. Ansel Deri - All Rights Reserved
Thanks to KORAN MIGRAN
Proudly powered by Blogger