Headlines News :
Home » » Menteri Pangestu Belanja Sayur dan Kain Tenun di Lewoleba

Menteri Pangestu Belanja Sayur dan Kain Tenun di Lewoleba

Written By ansel-boto.blogspot.com on Monday, June 24, 2013 | 12:29 PM

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu, tiba di Bandar Udara Wunopito Lewoleba, Kabupaten Lembata Minggu (23/6) pukul 10.00. Setelah mengikuti upacara penyambutan, rombongan Menteri Pariwisata diarak menuju Pasar TPI dan sentra kerajinan sarung tenun di Lewoleba.

Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur terlihat mendampingi Menparekraf bekeliling Pasar TPI. Tampak para padagang antusias menyambut kedatangan Menparekraf. Selain berdialog langsung dengan pedagang, Menparkraf  membeli beberapa jenis pangan dan sayuran lokal. Cabe rawit khas Lembata dan Jagung Titi adalah dua jenis makanan lokal yang dibeli Menparekraf di Pasar TPI.

“Iya, mau bawa sebagai oleh-oleh ke Jakarta nanti,” ujarnya. Di TPI Menparekraf juga mendatangi pedagang ikan dan bertanya tentang jenis dan harga jual.

Kunjungan Ke Dekranasda

Dari pasar TPI,  Menparekraf dan rombongan kemudian melakukan kunjungan langsung ke Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Lembata, di kompleks Biara Susteran Bintang Samudra Lewoleba, guna menyaksikan pameran hasil kerajinan tangan masyarakat Lembata.

Seperti disaksikan FBC, beberapa jenis kerajinan tangan seperti anyaman topi, sarung tenun bermotif Lembata dipamerkan.  Tampak juga beberapa perempuan paruh baya asik memperagakan cara membuat sarung, dari memintal benang, menjalin, membuat motif dan menenun.

Menteri Parwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu dalam kunjungannya ke Dekranasda untuk menyaksikan pameran kerajinan tangan berupa kain tenun dan anyaman.  

Tak beda dengan kunjungannya ke pasar sayur dan ikan, saat menyaksikan pameran kerajinan tangan kelompok binaan Dinas Koperesi dan Perindustirian Kabupaten Lembata, beberapa lembar kain sarung tenun asli Lembata, diboyong Pangestu sebagai oleh-olehnya ke Jakarta.

Saat Mari Pangestu berjabat tangan dengan penenun, Lisa Batafor (50), terlihat suasana keakraban diantara mereka. Sebelum membeli hasil tenunan, Mari Pangestu  sempat berdialog denga Lisa Batafor.

“Saya senang sekali, karena ibu Menteri sudah datang kunjung dan beli kami punya hasil tenun,” ujar  Lisa Batafor. Pernyataan wanita paruh baya yang tinggal di bilangan Wolo Klaus Lewoleba ini disampaikan langsung kepada Menparekraf.  (Yogi Making)
Sumber: floresbangkit.com, 23 Juni 2013
Ket foto: Menteri Mari Elka Pangestu
SEBARKAN ARTIKEL INI :

0 komentar:

Silahkan berkomentar

Tuliskan apa pendapatmu...!

 
Didukung : Creating Website | MFILES
Copyright © 2015. Ansel Deri - All Rights Reserved
Thanks to KORAN MIGRAN
Proudly powered by Blogger