Headlines News :
Home » » Hari Nusantara 2016, Presiden Jokowi Ingin Potensi Kepulauan Dikembangkan

Hari Nusantara 2016, Presiden Jokowi Ingin Potensi Kepulauan Dikembangkan

Written By Ansel Deri on Tuesday, December 13, 2016 | 7:03 AM



MELALUI peringatan Hari Nusantara 2016, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan agar potensi kepulauan di seluruh wilayah di Tanah Air dikembangkan. Demikian dikatakan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo saat memantau kesiapan arena pameran promosi kerajinan rakyat Lembata di Pelabuhan Lewoleba, Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT) didampingi Gubernur NTT Frans Lebu Raya, Senin (12/12/2016).

“Presiden Jokowi inginkan daerah yang dituju untuk kegiatan Hari Nusantara ini potensi daerahnya dikembangkan, salah satunya adalah pariwisata,” kata Menteri Tjahjo.

Peringatan Hari Nusantara yang diselenggarakan setiap tahunnya itu, kata Menteri Tjahjo, jangan dipandang sebagai kegiatan seremoni belaka, memperingati lahirnya Deklarasi Juanda. Namun, harus ditujukan untuk mengembangkan potensi maritim Indonesia.

“Bung Karno juga pernah punya komitmen bahwa negara ini kuat karena maritimnya kuat,” tegasnya.

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah saat ini, jelas Menteri Tjahjo, yakni mensinergikan berbagai potensi maritim yang ada, termasuk potensi ekonomi masyarakatnya serta didukung dengan pembangunan infrastruktur yang memadai, seperti pelabuhan udara, pelabuhan laut, dan lainnya. 

“Ya sekarang saya kira hampir di pulau-pulau kecil, pelabuhan laut dan pelabuhan udara ini terus dibangun,” ungkapnya.

Khusus untuk wilayah Lembata dan NTT pada umumnya, sambung Menteri Tjahjo, salah satu potensi maritim yang dapat dikembangkan ke depan adalah sektor pariwisata. Di NTT ada tujuan wisata yang tak kalah dengan daerah lainnya, seperti pelabuhan Wajo dan pulau Alor.

“Tugas Pak Bupati, Pak Gubernur yang mengorganisir potensi masyarakat, menggerakkan masyarakat untuk tujuan wisata,” kata Menteri Tjahjo.

Seperti diketahui, 13 Desember ditetapkan sebagai Hari Nusantara berdasarkan SK Presiden Nomor 126 Tahun 2001 yang ditandatangani Presiden Megawati Soekarnoputri. Penetapan ini terkait lahirnya Deklarasi Juanda yang melahirkan konsepsi negara kepulauan pada 13 Desember 1957. Tahun ini, puncak peringatan Hari Nusantara diselenggarakan di pelabuhan Lewoleba, Lembata, NTT.
Sumber: zonalima.com, 12 Desember 2016 
Ket foto: Mendagri Tjahjo Kumolo saat memantau kesiapan arena pameran promosi kerajinan rakyat Lembata di Pelabuhan Lewoleba, Lembata, NTT, Senin (12/12/2016). (Foto: Arjuna/zonalima.com)
SEBARKAN ARTIKEL INI :

0 komentar:

Silahkan berkomentar

Tuliskan apa pendapatmu...!

 
Didukung : Creating Website | MFILES
Copyright © 2015. Ansel Deri - All Rights Reserved
Thanks to KORAN MIGRAN
Proudly powered by Blogger